fardier à vapeur, Mobil Pertama di Dunia

Share
Info Lowongan Kerja Bank BUMN CPNS Pertamina
Mobil pertama di dunia adalah mobil fardier à vapeur yang dibuat oleh seorang ahli mekanik berkebangsaan Perancis Nicolas-Joseph Cugnot pada tahun 1769. Cugnot adalah orang pertama yang berhasil menggunakan mekanisme untuk mengubah gerak bolak balik dari piston uap ke dalam gerakan berputar dengan cara pengaturan ratchet. versi paling awal yang ia buat adalah mobil fardier à vapeur tahun 1769. Model ini dibuat dengan menggunakan dua buah roda yang berasal dari kereta kuda yang digunakan untuk transportasi persenjataan.

Tahun berikutnya, versi lengkap fardier à vapeur dibuat, mobil itu direncanakan membawa 4 ton barang dan diharapkan dapat berjalan dengan kecepatan (7,8 km atau 4,8 mil) dalam satu jam, namun pada prakteknya, hal itu tidak bisa dicapai. Kendaraan, yang beratnya sekitar 2,5 ton itu, memiliki dua roda di belakang dan satu roda di depan, roda depan selaigus tempat tumpuan ketel uap dan mekanisme kemudi. Unit daya telah disosialisasikan ke trailer “” dan membawanya dari sana dengan cara menangani pengaturan ganda. Satu sumber menyatakan bahwa ia hanya bisa dinaiki oleh 4 orang dengan kecepatan 2,25 mil per jam.

File:FardierdeCugnot20050111.jpg
Mobil fardier à vapeur di museum Musée des Arts et Métiers, Paris.

File:Engine of the Cugnot machine.jpg
Bagian mesin fardier à vapeur

Mobil itu sangat tidak stabil karena distribusi berat yang tidak merata yang menjadi kelemahan yang serius padahal kendaraan itu harus menghadapi jalan yang terjal dan curam. Selain itu, tangki uap pada mobil itu harus dinyalakan setiap 15 menit, sangat tidak praktis.Pada tahun 1771, mobil ini mengalami kecelakaan dan menghantam gudang persenjataan. Ini juga dianggap sebagai kecelakaan mobil pertama di dunia.
File:Fardier a vapeur.gif
Kecelakaan mobil pertama

Setelah menjalankan beberapa percobaan, proyek ini ditinggalkan dan percobaan tentara Perancis dengan kendaraan mekanik berakhir. Meskipun demikian pada tahun 1772, Raja Louis XV memberikan Cugnot masa pensiun dan penghargaan atas temuannya yang inovatif. Percobaan itu dinilai hal yang menarik dan mobil fardier disimpan di gudang senjata sampai dipindahkan ke konservatori Nasional des Arts et Métiers pada tahun 1800, yang mana masih dapat kita lihat hari ini.

Lowongan Kerja SMA SMK

0 comments:

Posting Komentar